Selasa, 23 Maret 2010

RPP PKn 7 S.1 MODEL PENGAJARAN LANGSUNG

Sintaks model Pengajaran Langsung

FASE
PERAN GURU
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran, mempersiapkan siswa untuk belajar.
2. Mendemonstrasikan keterampilan (pengetahuan prosedural) atau mempresentasikan pengetahuan deklaratif
Guru mendemonstrasikan keterampilan dengan benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap
3. Membimbing pelatihan
Guru merencanakan dan memberi bimbingan pelatihan
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Guru mengecek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi umpan balik

5. Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
Guru mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dlm kehidupan sehari - hari


Sangkapura, 3 Juli 2009
Guru MP. PKn kelas 7




SUBUR, S,Pd.
NIP: 132121481























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R P P)

SMP/MTs : SMP NEGERI 1 SANGKAPURA
Mata Pelajaran : PKn
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat.
Indikator
1. Menjelaskan hakekat norma
2. Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
3. Menguraikan macam-macam norma
Alokasi Waktu : 4 x 40’ ( 2 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan pengertian norma
2. Menjelaskan tujuan norma
3. Menjelaskan fungsi norma
4. Menguraikan macam-macam norma
5. Menganalisis hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
6. Menganalisis perbedaan norma kesusilaan, kemasyarakatan, agama dan hukum dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan sanksinya

Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran
Pengajaran Langsung dengan menerapkan strategi belajar menandai dengan stabilo.
2. Metode Pembelajaran
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran

Pra Pembelajaran (5 Menit)
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (menanyakan keadaan dan kesiapan belajar, absensi, kebersihan kelas) dan pretest.

Pertemuan 1
a. Pendahuluan (10 Menit)
1. Memotivasi siswa dengan menunjukkan beberapa gambar yang berkenaan dengan aktivitas kehidupan (mengendara, membuang sampah, kegiatan di perpustakaan, kehidupan di masyarakat). Guru bertanya kepada siswa tentang pentingnya hidup dalam keteraturan. Selanjutnya guru berdiskusi dengan siswa bagaimana hidup di dalam berbagai lingkungan kehidupan. è Fase 1
2. Menyampaikan tujuan yang akan dicapai pada pertemuan hari ini, yaitu mengetahui berbagai norma kehidupan dan melaksanakan segala kegiatan sesuai dengan norma yang berlaku. è Fase 1

b. Kegiatan Inti (55 Menit)
1. Guru memodelkan atau mendemonstrasikan cara menandai dengan stabilo atau menggarisbawahi konsep penting pada ‘buku PKn KD1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’ yang ditirukan siswa di halaman 2 Buku BSE kelas 7. è Fase 2
2. Membimbing pelatihan awal dengan meminta satu atau dua siswa menirukan apa yang dilakukan guru, yaitu menandai dengan stabilo atau menggarisbawahi konsep penting ‘buku PKn KD 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’ pada halaman berikutnya. è Fase 3
3. Guru meminta semua siswa untuk menandai dengan stabilo atau menggarisbawahi konsep-konsep penting pada ‘buku PKn KD1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’ mulai halaman 2-8 dan mendekati, mengamati kebenaran hasil kerja para siswa. Apabila pekerjaan siswa ada yang kurang tepat, guru segera membimbing hingga betul. Hal ini dilakukan untuk mengecek pemahaman dan memberi umpan balik setiap siswa. è Fase 4
4. Pelatihan lanjutan dan penerapan tentang yang telah dipelajari siswa, diberikan oleh guru dengan cara memberi tugas kepada para siswa untuk menjawab pertanyaan yang relevan sebagaimana yang ada di lembar soal penilaian seperti apakah yang dimaksud dengan nilai/norma, tujuan norma diadakan, fungsi norma, dan peragakan norma-norma dalam kehidupan, dan sebagainya. è Fase 5

c. Penutup (15 menit)
Siswa dengan bimbingan guru merangkum butir-butir penting pembelajaran hari ini tentang KD1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’. Pada bagian Penutup dapat juga menugaskan siswa untuk mengerjakan beberapa soal yang relevan yang telah dibuat guru secara tertulis di rumah. Guru memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang bagi kelompok yang belum selesai menjawab instrumen/soal penilaian.

Pertemuan 2

Pra Pembelajaran (5 Menit)
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (menanyakan keadaan dan kesiapan belajar, absensi, kebersihan kelas) dan pretest.

Pertemuan 1
b. Pendahuluan (10 Menit)
1. Memotivasi siswa kembali dengan menunjukkan beberapa gambar yang berkenaan dengan aktivitas kehidupan (mengendara, membuang sampah, kegiatan di perpustakaan, kehidupan di masyarakat). Guru mengingatkan tugas yang belum dan harus diselesaikan para siswa pada pekan yang lalu, dan bertanya kepada siswa tentang pentingnya hidup dalam keteraturan. Selanjutnya guru berdiskusi dengan siswa bagaimana hidup di dalam berbagai lingkungan kehidupan. è Fase 1
2. Menyampaikan tujuan yang akan dicapai kembali pada pertemuan kali ke-2, yaitu mengetahui berbagai norma kehidupan dan melaksanakan segala kegiatan sesuai dengan norma yang berlaku. è Fase 1

b. Kegiatan Inti (55 Menit)
1. Guru memodelkan atau mendemonstrasikan cara menandai dengan stabilo atau menggarisbawahi konsep penting pada ‘buku PKn KD1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’ yang ditirukan siswa yang belum selesai di halaman 2 Buku BSE kelas 7. è Fase 2
2. Guru meminta rekan siswa yang telah selesai mengerjakan untuk Membimbing pelatihan dengan meminta satu atau dua siswa yang belum selesai, menirukan apa yang dilakukan rekan siswa, yaitu menandai dengan stabilo atau menggarisbawahi konsep penting ‘buku PKn KD 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’ pada halaman berikutnya. è Fase 3
3. Guru meminta semua siswa yang belum selesai mengerjakan untuk menandai dengan stabilo atau menggarisbawahi konsep-konsep penting pada ‘buku PKn KD1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’ mulai halaman 2-8 dan mendekati, mengamati kebenaran hasil kerja para siswa. Apabila pekerjaan siswa ada yang kurang tepat, guru segera membimbing hingga betul. Hal ini dilakukan untuk mengecek pemahaman dan memberi umpan balik setiap siswa. è Fase 4
4. Pelatihan lanjutan dan penerapan tentang yang telah dipelajari semua siswa, diberikan oleh guru dengan cara memberi tugas kepada para siswa untuk menjawab pertanyaan yang relevan sebagaimana yang ada di lembar soal penilaian seperti melengkapi tabel perbedaan norma dan sebagainya. è Fase 5

c. Penutup (15 menit)
Siswa dengan bimbingan guru merangkum butir-butir penting pembelajaran hari ini tentang KD1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’. Pada bagian Penutup dapat juga menugaskan siswa untuk mengerjakan beberapa soal yang relevan yang telah dibuat guru secara tertulis, atau guru memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang berupa merangkum materi KD. 1.2.


F. Sumber Pembelajaran
v Buku BSE Mata pelajaran PKn SMP kelas VII hal 2–8
v Contoh UU KUHPidana
v UUD 1945 hasil amandemen
v Lembar penilaian yang berisi butir-butir soal yang relevan

G. Alat dan Bahan
v Stabilo
v Gambar-gambar yang relevan (untuk kegiatan motivasi)
v PowerPoint tentang KD. 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’

H. Penilaian
1). Teknik : Tes Tulis dan Penugasan atau Tes Tugas Rumah
2). Bentuk : Uraian dan Rubrik
3). Instrumen :

Uraian
Jawablah semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!
Jelaskan hakekat norma yang berlaku dalam masyarakat
Sebutkan 3 tujuan norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Jelaskan kegunaan norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Uraikan macam – macam norma yang berlaku dalam masyarakat

Pensekoran : Setiap soal maksimal 10
Nilai akhir = Jumlah Skor yang diperoleh x 100
30

Penugasan atau Tes Tugas Rumah

Lengkapilah Tabel tentang Perbedaan Norma berikut ini dengan jawaban yang tepat!
No
Aspek perbedaan
Norma Agama
Norma Kesusilaan
Norma Kesopanan
Norma Hukum
1
Sumber
Firman Ilahi



2
Ruang lingkup
Umum universal



3
Sifat

Mengatur, mengikat


4
Sanksi



Pasal 10 KUHP
5
Contoh


Membuang sampah di bak sampah.


Penskoran :
No
Aspek perbedaan
Norma Agama
Skor
Norma Kesusilaan
Skor
Norma Kesopanan
Skor
Norma Hukum
Skor
1
Sumber
Firman Ilahi
-
Suara hati nurani
0-5
Pergaulan masyarakat
0-5
Aturan kenegaraan
0-5
2
Ruang lingkup
Umum universal
-
Umum universal
0-5
Lokal dalam masy.ttt.
0-5
Lokal dalam negara
0-5
3
Sifat
Mengatur, mengikat
0-5
Mengatur, mengikat
-
Mengatur, mengikat
0-5
Mengatur, mengikat, memaksa
0-5
4
Sanksi
Dihari kiamat
0-5
Penyesalan, merasa bersalah
0-5
Dikucilkan, diisolir, dijauhi masyarakat
0-5
Pasal 10 KUHP
-
5
Contoh
Shalat, puasa, zakat
0-5
Jujur, hormat sesama
0-5
Membuang sampah di bak sampah, meludah
-
Lihat ps. 338 KUHP
0-5

Ada 15 Kolom isian yang kosong atau tidak ada jawaban
1 kolom isian yang betul dijawab berskor 5

Nilai akhir = Jumlah Skor yang diperoleh x 100
75
Daftar Pustaka
Ø KURIKULUM SMPN 1 SANGKAPURA BUKU 1 DAN 2, tentang PKn.
Ø Departemen Pendidikan Nasional, 2006, BSNP Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.


Sangkapura, 3 Juli 2009
Mengetahui

Kepala SMP SMP Negeri 1 Sangkapura
Guru Mata Pelajaran




TABRANI, S.Pd., M.M..
SUBUR, S.Pd.
NIP. 131253977
NIP. 132121481




Lampiran Materi Jawaban KD. I.1 KD. 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat’

KD. 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
A. Indikator:
1. Menjelaskan pengertian norma
2. menjelaskan tujuan norma
3. menjelaskan fungsi norma
4. menguraikan macam-macam norma
5. menganalisis hubungan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
6. menganalisis perbedaan norma kesusilaan, kemasyarakatan, agama, dan hukum dilihat dari sumber, kekuatan mengikat, dan sanksinya.
B. Metode:
diskusi kelas.
C. MATERI POKOK.
1. Norma adalah
a. Petunjuk-petunjuk hidup, aturan atau cara-cara hidup yang mengatur dan mempengaruhi tingkah laku manusia dalam pergaulan hidup bermasyarakat.
b. Atau peraturan hidup yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat yang berisi perintah dan larangan serta sanksi.
c. Aturan-aturan yang menjadi pedoman bagi segala tingkah laku manusia dalam pergaulan hidup, sehingga kepentingan masing-masing dapat terpelihara dan terjamin. Setiap anggota masyarakat mengetahui hak dan kewajiban masing-masing.
2. Tujuan norma:
a. menciptakan ketertiban, ketentraman, aman dan harmonis dalam masyarakat
b. memberikan petunjuk kepada manusia cara bersikap, dan bertingka laku dalam masyarakat.
c. dapat menghindari setiap ancaman dan gangguan dalam masyarakat.
3. Fungsi (Guna) Norma adalah : untuk memberi petunjuk kepada manusia bagaimana seseorang harus bertindak dalam masyarakat, serta perbuatan mana yang harus dijalankan dan perbuatan mana yang harus dihindari.
4. Macam-macam norma:
a. norma agama
b. norma kesusilaan
c. norma kesopanan atau adat istiadat
d. norma hukum
5. Keempat norma tersebut saling mengisi, saling mendorong, dan saling melengkapi sehingga satu sama lain tidak dapat dipisahkan. Keempat norma tersebut maksudnya sama, yaitu melindungi kepentingan baik perseorangan maupun umum, sehingga tercipta tata tertib dalam masyarakat.
6. Perbedaan keempat norma:

No
Aspek perbedaan
Norma Agama
Norma Kesusilaan
Norma Kesopanan
Norma Hukum
1
Sumber
Firman Ilahi
Suara hati nurani
Pergaulan masyarakat
Aturan kenegaraan
2
Ruang lingkup
Umum universal
Umum universal
Lokal dalam masy.ttt.
Lokal dalam negara
3
Sifat
Mengatur, mengikat
Mengatur, mengikat
Mengatur, mengikat
Mengatur, mengikat, memaksa
4
Sanksi
Dihari kiamat
Penyesalan, merasa bersalah
Dikucilkan, diisolir, dijauhi masyarakat
Pasal 10 KUHP
5
Contoh
Shalat, puasa, zakat
Jujur, hormat sesama
Membuang sampah di bak sampah, meludah
Lihat ps. 338 KUHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar